gallery kia

Kia BUZZ Galeri

kia-naimo-interior-3_modified kia-naimo-interior-2 kia-naimo-interior-1 kia-naimo-exterior-2 kia-naimo-exterior-1 banner kv7 next-generation-picanto-sketch-2

WELCOME

REFERENSI MOBIL KIA DI INDONESIA

Info price list uptodate, harga resmi.

Hitungan Kredit Pasti sama dengan hitungan Leasing atau Bank.

Anda bisa hitung Kredit [simulasi Kredit] sendiri.


KIA Mobil Indonesia



Mobile HotLine 24 Jam, Sales Mobil KIA : Call / SMS

085782442053/021-93557167

Hi! Selamat Datang di Blog kia niaga

| Kredit Mobil Baru!

Dapatkan Promo Mobil terbaru KAMI..

TUKAR TAMBAH MOBIL

Terima Tukar Tambah dari Semua Merek dan Semua Type; Tukarkan MOBIL Lama ANDA dengan MOBIL Baru KIA; Mobil lama Anda kami hargai dengan harga yang pantas.

PT. KIA Mobil Indonesia. sebagai Agen Tunggal Merk Kendaraan KIA.

Informasi dan pembelian mobil kia di Indonesia,
Khusus melayani pembelian perorangan, perusahaan dan GSO [fleet]. Untuk Fleet GSO Order pemerintahan plat Merah, Anda dapat menghubungi marketing atau sales pusat yang khusus menanganani order pemerintahan.

Dapatkan penawaran menarik dari kami.

customer support



Untuk informasi dan pemesanan
fuji:
021-93557167
085782442053
Chat with me:
email: sapriant@gmail.com
TOTAL KOMITMEN

Komitmen KIA Mobil Indonesia untuk konsumen dikenal dengan "KIA Total Komitmen" tidak hanya memberikan layanan terbaik kepada konsumen dalam penyajian informasi dan proses transaksi kepemilikan mobil, tetapi juga dalam layanan purna jual (after sales service). Total dalam Garansi 5 tahun atau 150.000 km; Jaringan Service dan Sparepart; KIA 24 Jam jakarta (021-65302010); Serta KIA Holiday Service yang serba Gratis "KIA Family Like Care"

Loading...

Minggu, 21 Maret 2010

Tips & Trik kia picanto

baner

Mesin   

Membuat Picanto lebih iritPDFPrintE-mail
Written by Chris   
Friday, 23 January 2009 03:57
Disadur dari beberapa postingan rekan-rekan di milis picanto_indonesia@yahoogroups.com
Picanto didesign sebagai kendaraan yang irit BBM tapi kita bisa lebih
memaksimalkan keiritan picanto biar lebih irit, untuk itu pemakaian picanto
bisa dibagi menjadi 2 kategori, jalan dalam kota dan luar kota.
Sebelumnya kita harus tahu perbandingan dari tiap gigi persneling picanto,
yang ternyata ratio gigi 4 picanto (M/T) punya ratio kurang dari 1 (0,853)
ini sama dg O/D pada picanto A/T, sedangkan ratio gigi 5 picanto (M/T)  yaitu 0,719
Kemudian kita melihat torsi maksimum dari picanto itu sendiri didapat pada RPM 2800.
Untuk perjalanan Dalam Kota:
Ideal-nya untuk perjalanan dalam kota yang rata2 kurang dari 100kpj kita
cukup menggunakan gigi 4 untuk cruising dalam kota, dengan perpindahan
gigi dibawah 2800 RPM dan melakukan injakan gas secara smoth
(tidak asal injak/bejek ini jelas akan bikin lebih boros)
Untuk Perjalanan Luar Kota:
Idealnya tentu menggunakan gigi 5 atau O/D pada picanto A/T, tentu dengan
perpindahan gigi tiap dibawah 2800 RPM dan injakan gas se-smoth mungkin
niscaya akan lebih irit lagi
Penutup:
Bagi pengguna pica M/T, yg mungkin selama ini mengandalkan "feeling" saja saat 
mengendarai pica nya, mohon dipertimbangkan untuk mempergunakan paling tidak 
gigi 3 saat ingin menyalip kendaraan didepannya, terutama saat berkendara keluar kota, terkecuali posisi laju pica sudah diatas 100 km/jam dan tidak ada kendaraan dari arah berlawanan karena pada posisi O/D torsi yg dihasilkan mesin untuk menarik mobil kita 
tidak lagi maksimal.
Tulisan ini hanya sekedar sharing saja, tanpa maksud apapun kepada pihak2 tertentu 
karena sewaktu saya ke salatiga beberapa hari lalu, pada kondisi jalan yg cukup padat 
tersebut saya makin mengenal "karakter" mesin pica yg secara konstan memaksa saya 
untuk selalu rajin memainkan gigi persneling utk mendapatkan tenaga yg memadai saat bermanuver.
Satu tambahan lagi, berbahagialah pemilik pica A/T karena disamping nggak repot harus pindahin gigi, ternyata rasio nya pun lebih "masuk akal"
Salamdariygcuma punya M/Tdoang (aka Donnie)
Tips Merawat Aki Kering / BasahPDFPrintE-mail
Written by Chris   
Thursday, 22 January 2009 05:07
Pada umumnya perawatan aki kering dan basah adalah sama, hanya yang 
membedakan untuk aki kering tidak perlu terlalu sering cek level air cukup level 
tegangannya saja, sedangkan untuk aki basah kita harus sering "mengintip" level air aki
Aki kering umurnya sekitar 1-2 thn, sedangkan aki basah bisa 2-3 thn tergantung 
perawatannya (rajin melihat level air) tp semua juga tergantung peralatan elektronik yang ditambahkan di dalam kendaraan juga... (contoh, audio, tv dll)karena pengaruh ke 
pengisiannya juga, yang terpenting setiap habis jalan jauh jangan langsung matikan 
mesin paling tidak matikan dulu peralatan elektroniknya (lampu, wiper, radio/tape, ac dll) 
setelah itu biarkan mesin hidup sebentar untuk memberi kesempatan altenator ngisi ke 
aki baru deh matiin mesinnya.

terutama bgt nih kl pulang pas malem, kena ujan... ini biasanya yg sering lupa... 
mesin lsg dimatiin, padahal ac masih nyala radio
masih nyala, wiper masih nyala, ini yang bikin aki cepat tekor.
Jadi pastikan dahulu untuk mematikan peralatan yang ada dimobil baru mematikan 
mesin mobil

Membandingkan Air Pengisi Radiator (Coolant)PDFPrintE-mail
Written by Chris   
Monday, 27 April 2009 13:44
Pilih Air Pengisi Radiator Yang Efektif Dan Ekonomis. Agar performa mesin
kendaraan selalu dalam kondisi baik dan prima, bisa dilakukan suatu
perlakuan khusus terhadap mesin kendaraan. Salah satunya adalah penambahan
campuran air radiator. Dengan komposisi tertentu, air pengisi radiator bisa
ditambah atau diisi dengan coolant yang banyak terdapat di pasaran.
Mesin kendaraan saat bekerja menimbulkan efek panas yang tinggi dan sangat
berpengaruh terhadap komponen-komponen lainnya. Normalnya suhu mesin saat
bekerja adalah antara 75-90ºC. Jika suhu terlalu tinggi, maka mesin akan
mengalami overheating dan tidak bisa bekerja normal. Untuk itu perlu suatu
sistem penjaga suhu mesin agar tak sampai melebihi suhu tersebut.
Pada mesin kendaraan sebenarnya sudah digunakan siklus air pada sistem
radiator untuk menjaga suhu, agar suhu tetap konstan dan ideal. Kemudian
siklus air ini akan melewati rongga-rongga pendingin pada radiator untuk
melepaskan panas, sebelum kembali menyerap kelebihan suhu pada mesin.
Demikian seterusnya sistem pendinginan ini bekerja. Masalahnya sekarang
harus dipilih air pengisi radiator dengan kemampuan atau karakter yang
sesuai dengan fungsi utamanya sebagai pendingin (cooler).
Saat ini sudah jarang orang sekadar mengisi dan mengganti air radiator
dengan air ledeng biasa. Pada umumnya mereka sudah memakai air radiator
tambahan atau coolant. Pemakaian air radiator saat ini diharapkan tak hanya
sebagai penjaga kestabilan suhu mesin saja, akan tetapi juga mampu
menghindari korosi/karat terhadap dinding mesin dan cylinder head mesin,
serta rongga-rongga pada radiator itu sendiri. Sehingga mesin menjadi awet
pemakaiannya. Ditambah lagi usia pemakaian air radiator yang cukup lama atau
jarak tempuh (kilometer) yang panjang.
Untuk belahan bumi yang mengalami empat musim, khususnya musim dingin atau
salju diperlukan lagi air radiator yang titik bekunya lebih rendah dari
0ºC. Hanya saja untuk daerah tropis seperti di Indonesia titik beku bisa
sedikit diabaikan, mengingat cuaca yang cukup panas. Sehingga air radiator
diperkirakan tak sampai membeku karena cuaca yang minus.
Di pasaran umum banyak sekali beredar berbagai merek coolant sebagai air
radiator tambahan. Ada yang berupa concentrate (biang), dimana pemakaiannya
harus diencerkan atau dicampur air dengan komposisi tertentu. Ada pula yang
tinggal langsung dituang ke radiator tanpa perlu diencerkan lagi atau di
tambah air.
Pada edisi kali ini, kami coba memberikan gambaran perbandingan antara
pemakaian air ledeng biasa dengan beberapa produk coolant sebagai pengisi
radiator yang beredar di pasaran. Khususnya ditinjau dari fungsi utamanya
sebagai pendingin (cooler). Untuk fungsi pendinginnya tentu saja dicari air
pengisi radiator yang boiling point-nya (titik didihnya) relatif tinggi (di
atas 110ºC). Sedangkan bila ditinjau dari nilai ekonomis, tentu saja
dilihat berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli air pengisi radiator.
Harga air pengisi radiator sesuai dengan harga yang dijual di pasar swalayan
umum.
Dalam melakukan perbandingan ini kita menggunakan alat bantu: Thexton No.
106. Untuk jenis coolant yang beredar di pasaran dipilih tiga macam air
pengisi radiator, yaitu: Radiator Super Coolant (Prestone), Radiator Coolant
(Top1), Antifreeze & Coolant (Peak), sebagai pembanding air ledeng dipakai
air minum kemasan.
1. Air Ledeng (Aqua)
Air ledeng biasa setelah dilakukan tes Thexton, ternyata tak satu pun bola
berwarna yang terdapat pada tabung Thexton naik atau mengambang. Berarti air
ledeng akan mendidih sebelum suhu parameter terendah alat ini, yaitu 118ºC.
Terasa wajar saja sebab pada umumnya air saat dipanaskan pada suhu 85ºC
sudah terdapat gelembung-gelembung udara kecil, pertanda mulai mendidih. Hal
ini perlu dihindari, sebab dengan timbulnya gelembung atau buih ini membuat
daya kerja larutan pengisi radiator jadi kurang maksimal. Mengingat suhu
mesin masih terus meningkat lagi, sedangkan luas permukaan larutan yang
bersinggungan dengan permukaan pendingin jadi berkurang karena terisi oleh
buih.
Bisa disimpulkan, bahwa jika memakai air ledeng biasa sebagai air pengisi
radiator daya pendinginnya tidak cukup baik karena titik didihnya relatif
rendah. Belum lagi timbulnya buih yang nantinya memperbesar kemungkinan
terjadinya karat dan korosi. Keuntungan pemakaian air biasa adalah dari segi
ekonomi, karena tak perlu membeli.
2. Radiator Coolant (Top1)
Menurut petunjuk pemakaiannya, air pengisi radiator ini cukup praktis karena
tak perlu mencampur dengan air atau mengencerkan lagi. Langsung tuang beres.
Jadi larutan pengisi radiator ini diuji tanpa menggunakan pengencer alias
murni (100%). Hasilnya, adalah mengapungnya 1 buah bola berwarna. Dilihat
dari tabel Thexton dapat disimpulkan, bahwa Radiator Coolant ini mampu
menahan panas sebelum mendidih pada suhu 245ºF (118ºC).
Meski praktis pemakaiannya, tetapi jika dilihat volume kemasannya yang hanya
1 US galon (1 US galon=3,785 liter) tentu saja tak akan cukup memenuhi
volume radiator. Misalkan saja untuk mengisi radiator Toyota Kijang
memerlukan ± 7liter, berarti kita harus membeli 2 galon bahan ini. Dengan
harga per galon Rp 23.900,- maka kita perlu mengeluarkan uang Rp47.800,-
3. Radiator Super Coolant (Prestone)
Sesuai petunjuk pemakaiannya, Radiator Super Coolant ini perlu dicampur air
biasa dengan komposisi 50:50. Setelah dites Thexton, ternyata ada lima buah
bola berwarna yang mengapung. Hal ini menyatakan, bahwa air pengisi radiator
ini mampu menahan panas sebelum mendidih pada suhu 265ºF (130ºC). Karakter
ini sudah cukup untuk menjaga suhu mesin.
Jika dilihat dari isi kemasannya yang cuma 1 liter dengan harga Rp26.700,-
maka untuk memenuhi radiator Toyota Kijang paling tidak memerlukan 3 liter
air pengisi radiator ini. Jadi dibutuhkan biaya sebesar 3x Rp26.700,- yaitu
Rp80.100,-
4. Antifreeze & Coolant Protection (Peak)
Sebenarnya pada tabel kemasan produk ini ada beberapa komposisi pengenceran
untuk pemakaian. Hal ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dimana
kita berada. Untuk daerah tropis dianjurkan menggunakan komposisi 50:50.
Maksudnya untuk menyetarakan dengan tes sebelumnya.
Setelah dilakukan tes Thexton ada empat buah bola berwarna yang mengambang.
Menurut tabel, berarti larutan ini mampu menahan panas sebelum mendidih pada
suhu 262ºF (128ºC). Kesimpulannya air pendingin sudah cukup memenuhi
standar, walaupun titik didihnya masih sedikit di bawah RSC Prestone.
Harga 1 kemasan (1US galon) adalah Rp100.000,-. Seperti contoh sebelumnya
untuk mengisi radiator Toyota Kijang, dengan komposisi 50:50 paling tidak
diperlukan 3 US galon. Jadi biaya yang diperlukan 3x Rp300.000,-
Jika ditinjau dari titik didihnya, maka Radiator Super Coolant (Prestone)
menempati urutan teratas, yaitu 265ºF (130ºC). Diikuti Anti Freeze &
Coolant (Peak) yaitu 262ºF (128ºC), kemudian Radiator Coolant (Top1)
245ºF (118ºC). Terakhir tentu saja air biasa. Walaupun tak terdeteksi oleh
alat ini, tetapi yang jelas air sudah mendidih pada suhu di bawah 100ºC.
Untuk masalah berapa besar biaya yang dikeluarkan jika kita mengisi air
radiator, yang termurah alias tanpa mengeluarkan biaya adalah memakai air
ledeng biasa. Tetapi harus diingat, bahwa air biasa tak cukup baik dipakai
sebagai pengisi air radiator. Jika kita mengisi radiator Toyota Kijang
dengan Radiator Coolant (Top1) memerlukan biaya Rp47.800,-. Bila memakai
Radiator Super Coolant (Prestone) memerlukan Rp80.100,- dan terakhir
Antifreeze & Coolant Protection (Peak) perlu biaya Rp300.000,-
Tentu saja produk-produk di atas mempunyai keunggulan dan kelebihan lain
yang berbeda-beda. Seperti sifat anti korosif, proteksi terhadap semua bahan
metal, dan sebagainya. Akan tetapi di sini hanya melakukan tes dan membahas
tentang fungsi paling utama dari air radiator, yaitu sebagai pendingin.
Untuk sifat titik beku bisa diabaikan mengingat kondisi lingkungan kita yang
tropis.
Karat
Jagalah radiator, agar selalu mendukung performa mesin tetap dalam kondisi
puncak. Karat/korosi dapat menimbulkan masalah kebocoran radiator,
thermostat mampat, pompa air rusak, sirkulasi air pendingin terganggu.
Apalagi mobil sekarang banyak menggunakan AC, kemudian lalu-lintas sering
macet sehingga kerja mesin lebih berat, terjadi panas yang berlebihan pada
mesin kendaraan (overheating), dan akhirnya bisa merusak mesin.
Cara Pengisian Air Radiator (Coolant)
- Pertama kuras radiator terlebih dahulu.
- Bila perlu tutup kembali radiator dan masukkan air yang ditambahkan
flushing liquid tertentu dengan mesin stasioner kurang lebih 10-15 menit.
Hal ini dimaksudkan agar kotoran seperti karat yang menempel pada
dinding-dinding radiator luntur.
- Setelah itu buka dan bilas kembali dengan air bersih.
- Isilah radiator hingga penuh dengan coolant sesuai komposisi yang ada pada
petunjuknya.
Thexton
Thexton adalah alat berupa tabung kaca dengan karet pipet sebagai pengisap
larutan yang akan dites atau diuji. Di bagian dalam tabung terdapat enam
buah bola-bola pipih berbeda warna. Bola-bola ini nantinya akan mengapung,
jika tabung telah terisi larutan yang dites. Semakin banyak bola yang
mengapung, maka semakin tinggi titik didih larutan yang diuji. Pada badan
tabung kaca terdapat bagan atau tabel untuk melihat hasil tes yang
dilakukan. Tujuan digunakannya alat ini adalah untuk mengetahui titik didih
(boiling point) beserta titik beku (freezing point) suatu larutan yang
dipakai mengisi radiator.
Metoda Pengujian :
Cara pengujian pertama-tama adalah dengan menuang larutan coolant ke dalam
gelas ukur sesuai komposisi tertentu. Tekan karet pengisap untuk menarik
larutan ke atas. Jaga jangan sampai larutan melewati batas level yang
ditentukan pada badan pengukur. Setelah itu amati bola berwarna di dalamnya.
Setelah didiamkan sekitar 10detik, hitung berapa bola yang mengambang.
Sesuaikan dengan tabel yang ada di badan alat ini, maka didapat angka
freezing point (titik beku) dan boiling point (titik didih). (Sumber : mobilmotor)


Aksesoris



Intermittent Wiper PicantoPDFPrintE-mail



Written by Chris   
Thursday, 05 February 2009 04:19
Pernah gak kita sebagai pengguna picanto memperhatikan fasilitas/fitur yang ada di 
kendaraan kita? Padahal banyak fitur-fitur yang canggih di picanto yang tidak kita temukan di kendaraan lain
Intermittent Wiper
Apa sih Intermittent Wiper? he.h.e.he. saya pertama kali jg bingung apa sih itu, tapi setelah melihat fungsinya ternyata sangat bermanfaat sekali.
Di Picanto ada tombol fungsi untuk mengaktifkan wiper, kalau diperhatikan disitu bisa distel beberapa setelan untuk wiper:
1. Intermittent
2. Normal
3. Fast
Jika kita tarik tuas wiper ke bawah sekali masuk ke mode intermittent, disitu ada 
4 stelan lagi (di putar ke depan) untuk posisi pertama (putar habis ke bawah) wiper akan bergerak berdasarkan waktu, jadi jeda waktu stelan adalah sebagai berikut:
- stelan pertama, jeda waktu 8 detik untuk wiper bergerak
- stelan kedua, jeda waktu 6 detik untuk wiper bergerak
- stelan ketiga, jeda waktu 4 detik untuk wiper bergerak
- stelan keempat, jeda waktu 2 detik untuk wiper bergerak
makin diputar ke depan jeda waktu akan semakn singkat
Kapan kita menggunakan intermittent wiper ini?
bisa digunakan disaat hujan cm rintik-rintik atau tidak begitu lebat, yang tidak 
membutuhkan wiper bergerak terus menerus. Disini kita tinggal menyesuaikan waktunya 
dengan lebatnya rintik2 hujan, semakin lebat kita bisa atur/stel kecepatan wiper ke mode 
normal atau fast.
Jangan menggunakan mode intermittent saat gerimis dalam kecepatan tinggi 
menempel di belakang kendaraan lain karena akan membuat kaca agak lama 
dibersihkan dan membuat penglihatan terhalang lebih baik pilih mode/stelan normal saat mengikuti kendaraan lain dalam kondisi gerimis
Penggunaan Lampu HazardPDFPrintE-mail
Written by Chris   
Thursday, 05 February 2009 04:08
all, mungkin kita pernah menyalakan lampu hazard di tengah lebatnya hujan atau kabut?
tau gak kl hal tersebut mengganggu pengguna yg lain?
Padahal di buku manual kendaraan kita sudah ditulis penggunaan lampu hazard hanya \digunakan di saat darurat (atau dalam keadaan berhenti bukan berjalan)
Jadi mungkin sebaiknya diperhatikan sekali lagi, mumpung lagi musim hujan nih jangan menyalakan lampu hazard saat hujan lebat atau berkabut sambil berjalan. Karena 
mengganggu pengendara lain (bikin bingung)
sebaiknya nyalakan lampu kecil/kabut saja, jgn menggunakan lampu besar 
karena akan mengganggu penglihatan kita sendiri (jadi silau dg pantulan sinar lampu besar 
kendaraan kita sendiri)
Supaya aman lebih baik saat hujan lebat/berkabut:
- jalankan kendaraan perlahan
- nyalakan lampu kecil dan fog lamp jika ada
- gunakan lampu sein (jgn hazard) untuk berpindah lajur
Ganti Ban Serep PicantoPDFPrintE-mail
Written by Chris   
Tuesday, 27 January 2009 03:16
Buat yang belum pernah ganti ban serep, dan gak tau posisi ban serep picanto? nah 
berikut akan diberitahukan gimana caranya kita ganti ban serep jika sewaktu2 ban kita kempes/bocor jadi bisa ganti sendiri paling tidak.

Posisi ban serep ada di bagasi belakang, di bawah dek
buka dek-nya dahulu baru keliatan tool kit dan ban serep picanto 
terikat mur
Image Hosted by ImageShack.us
Untuk membuka tempat tool kit dan ban serep buka dahulu mur-nya
Image Hosted by ImageShack.us

Berikut setelah tool kit dan ban serep terbuka angkatlah dan letakan di posisi 
aman (jgn lupa pintu bagasi ditutup kembali, dan kunci kl perlu untuk 
menghindari tangan2 jail)
Berikut menentukan posisi dongkrak, picanto memiliki body monokok jadi sudah 
ada posisi/letak untuk meletakan dongkrak. Untuk posisi di depan letaknya 
ada di belakang roda depan (bagian yg ada lekukan)
Image Hosted by ImageShack.us
untuk posisi di belakang letaknya di depan roda belakang, lihat gambar
Image Hosted by ImageShack.us

Kemudian setelah posisi letak dongkrak sudah diketahui, sekarang tinggal 
merangkai dongkraknya. Di tool kits sudah disediakan dongkrak, pengungkit, 
dan kunci roda. ketiga alat ini harus dirangkai sesuai gambar berikut :
Image Hosted by ImageShack.us

Setelah terangkai, putar dongkrak searah jarum jam untuk mengangkat 
dongkrak/body, sebaliknya untuk menurunkan dongkrak/body. Sebelum menaikkan dongkrak/body, kendurkan dahulu baut2 roda
Image Hosted by ImageShack.us
putar ke kiri (berlawanan jarum jam) untuk membuka baut roda, sebaliknya untuk
 mengencangkan baut roda

Untuk safety, posisikan ban serep di samping dongkrak/dibawah body untuk 
keamanan jika sewaktu2 dongkrak meleset body mobil tidak lsg jatuh ke tanah tp 
tertahan ban serep dahulu
Image Hosted by ImageShack.us
OK selanjutnya silakan dicoba atau di tes dl di rumah, jika sewaktu2 membutuhkan 
tidak kagok lagi mencari tool kits/dongkrak
Note: Pemakaian ban serep hanya untuk sementara maksimal kecepatan hanya 60kpj, 
segera perbaiki ban utama untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan
salam,
chris

0 komentar:

Poskan Komentar

Polls

home
Berapa konsumsi bahan bakar Picanto anda?

kia mobil indonesia.pt.kia mobil indonesia.kia mobil.kia jakarta.kia motor.jual mobil kia.jual kia picanto.jual kia pride.jual kia rio.jual kia travello.jual kia pregio.jual kia big up.jual kia pick up.jual kla big box.picanto.pride.rio.travello.pregio.big up.jual kia sportage.kia sportage.kia picanto.kia pride.kia rio.kia travello.kia pregio.kia big up.mobil kia. jual mobil kia.jual mobil jakarta.jual mobil.mobil.iklan mobil.iklan kia